Senin, 16 November 2015

PKMJ MATEMATIKA 2015 – Bangun Semangat Totalitas Berjiwa Militansi ‘tuk Jadi Pemimpin yang Menginspirasi

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokaatuh J
Apa kabar ikhwahfillah? Semoga senantiasa dalam keadaan sehat dan dalam lindungan-Nya ya aamiin. Alhamdulillah kali ini bisa menyampaikan coretan keempat di blog inimuslimah.blogspot.co.id tentang PKMJ Matematika 2015. Kalau kemarin-kemarin sudah saya sampaikan tentang Brieffing, Pra-1 dan Pra-2 yang begitu bermanfaat dan seru di hari-H PKMJ ini sama sekali gak kalah seru dan gak kalah bermanfaatnya nih.. penasaran dong ngapain aja di PKMJ Matematika 2015, makanya baca sampe selesai yah! InsyaAllah bermanfaat J
*      Keberangkatan
Jum’at (13/11) di fase ini, kami(baca: peserta PKMJ) dikumpulkan di lapangan Daksinapati guna mengikuti apel sebelum keberangkatan yang di pimpin oleh ka Muhamad Yan Handoko, sebagai pembina apel hadir pak Ibnu Hadi selaku pembina dari BEMJ Matematika untuk menyampaikan beberapa pesan kepada peserta. Meskipun apel pembukaan ini tidak dihadiri oleh semua peserta, karena masih ada peserta yang masih ada jam kuliah, namun hal itu tak mengurangi kekhidmatan apel tersebut. Di akhir apel pak Ibnu menyampaikan tiga pesan kepada peserta yaitu ; jangan egois, saling tolong-menolong dan tetap semangat.
Karena cuaca yang mulai mendung, akhirnya peserta dipindahkan ke IDB lantai 7 untuk acara selanjutnya. Disana kami berdiskusi dengan fasil kami untuk keberangkatan. Tak lama ketika berkumpul, ketua kelompok dipanggil untuk menghadap panitia ternyata disana ketua panitia di berikan informasi tentang waktu keberangkatan dan waktu kedatangan maksimal. Akhirnya kami bergegas segera meninggalkan lantai 7 untuk berangkat menuju tempat PKMJ Matematika 2015 yaitu di daeran Puncak Cisarua, Bogor.
Saya yang bergabung dalam kelompok 1 ‘Ridwan Kamil’ dan berfasil kak Fatimah Az-zahra berangkat menuju masjid At-Taqwa di Daksinapati untuk shalat magrib terlebih dahulu. Setelah shalat maghrib kami mempersiapkan keberangkatan dan merapihkan barang-barang dengan pengaman jas hujan karena saat itu kondisi hujan deras. Sebelum meinggalkan masjid At-Taqwa kami berdoa bersama agar selamat sampai tujuan meski diiringi hujan.
Kelompok saya berangkat menggunakan metrominin 49 menuju stasiun matraman, setelah itu melalui kereta kami langsung menuju stasium Bogor. Sebelumnya kami melihat bahwa kondisi kereta pada jam-jam saat itu pastilah penuh karena jam pulang kerja, tetapi syukur alhamdulillah kereta yang akan kami tumpangi tidak terlalu penuh karena masih memiliki beberapa space untuk duduk, sehingga beberapa orang dari kelompok kami dapat duduk.
Setelah sampai di stasiun bogor, kami melanjutkan perjalanan dengan angkot, yaitu angkot 02 dan angkot jurusan Cisarua Puncak. Alhamdulillah kami sampai ditempat yang di maksud panitia meski melewati batas waktu maksimal. Ternyata, dari tempat itu kami masih harus berjalan untuk dapat sampai ke Vila Ira, tempat dilaksanakannya PKMJ Matematika 2015. Kami sampai di vila sekitar pukul 23.44 WIB lalu mengumpulkan barang bawaan kami dan memulai agenda pertama, yaitu sidang tata tertib PKMJ Matematika 2015.
Sidang selesai pukul 1.00 WIB dan kami pun diperkenankan untuk tidur.
*      Hari ke-1
Sabtu (14/11), hari pertama di PKMJ Matematika 2015 ini dimulai dengan dibangunkannya peserta pada pukul 03.30 untuk melakukan qiyamul lail lalu dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah dan agenda kerohanian lainnya hingga waktu fajar datang yaitu sekitar pukul 05.30. setelah itu kami berolah raga pagi dimulai dengan lari mengelilingi kampung dan diakhiri dengan senam yang dipimpin langsung oleh instruktrur senam PKMJ Matematika 2015 yaitu Kak Sigit Galih Nugroho.
Agenda selanjutnya yaitu, makan dan membersihkan diri untuk bersiap materi. Materi pertama diisi oleh Kak Putra yang berhubungan dengan ‘Advokasi’.
Ka putra menjelaskan mulai dari pengertian advokasi, seperti apa advokasi itu berjalan dan advokasi seperti apa yang ada dikampus. Di dunia kampus advokasi meliputi tiga hal, yaitu P3 ( pelayanan, pengaduan, dan pengamanan). seperti materi yang lain, diakhir sesi memiliki sesi tanya jawab.
Hari ke-1 di Cisarua ini memiliki 4 materi, setelah materi pertama tadi materi selanjutnya adalah materi tentang ‘Kepemimpinan dan Public Speaking’ yang disampaikan langsung oleh pemimpin/ketua BEMF MIPA yaitu Kak Bagus Tito Wibisono. Beliau memulai materi ini dengan membukaan yang menarik dimana kami melakukan beberapa games agar semangat dan tidak mengantuk.
Dalam materi itu,beliau menjelaskan bahwa pemimpin merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk memimpin yang lain, sedangkan kepemimpinan merupakan sikap yang dimiliki pemimpin tersebut dalam memimpin.
Seorang pemimpin haruslah memiliki kemampuan ‘public speaking’. Kak Bagus memberikan beberapa tips untuk melakukan public speaking yang baik. Yang harus dipersiapkan adalah mental, konten, dan teknik. Dengan tiga tips tersebut beliau menjelaskan dan juga mempraktekan langsung dihadapan peserta. Diakhir sesi materi ini beliau mengajak kami melakukan senam otak dan itu sangat menghibur sekali.
Karena materi selesai di waktu dzuhur, kami bersiap shalat dzuhur lalu makan. Setelah itu materi pun berlanjut.
Kali ini kami mempraktekan langsung public speaking di hadapan peserta dan panitia PKMJ Matematika 2015 dengan dipandu oleh Kak Mohammad Hafizh dan sebagai juri ada Kak Riki dan Kak Endra. Beberapa peserta maju kedepan untuk mencoba public speaking, namun karena waktu yang tidak mencukupi tidak semua peserta dapat maju.
Selanjutnya, kami diinformasikan oleh panitia bahwa kami akan melaksanakan PKN (Program Kerja Nyata) dan dibagi menjadi 8 kelompok, yaitu 3 BEM dan 3 LLMJ. Kami ditugaskan berperan sebagai BEM atau LLMJ dan mengadakan sebuah acara. Saya sendiri bbergabung dalam BEMJ 1 bersama 30 anggota lainnya. Sasaran kerja kami yaitu anak-anak, dan melalui rapat penentuan panitia kami bermusyawarah dan menetujui M. Nurilman Baehaqi (Siskom 2015) untuk menjadi ketua pelaksana. Kami membuat sebuah acara yang bernama ‘Mathfun For Children’ dengan konsep bermain sambil belajar matematika.
Ternyata selain membuat acara, kami juga diharuskan melengkapinya dengan berkas proposal dan surat-surat lainnya yang ditulis tangan. Coba bayangkan menulis proposal dengan manual dan setiap revisi mengharuskan kami untuk menulis kembali dari awal. Ini memang tantangan bagi kami agar memahami siste administrasi dan kesekretariatan dengan baik.
Agenda temu kelompok BEMJ 1 dan yang lainnya berlangsung hingga sore hari, stelah itu kami bersiap untuk shalat magrib dan makan kembali.
Agenda belum selesai sampai disini, masih ada satu materi lagi yaitu tentang ‘Pergerakan Mahasiswa’ yang diisi oleh Kak Fajar selaku Katua divisi Sosial Politik BEMF MIPA. Disini kami mendapatkan banyak ilmu tentang bagaikmana mahasiswa seharusnya bergerak dan melaksanankan tri dharmanya. Aksi mahasiswa terbagi 3 yaitu aksi intelektual yang dapat kita tuangkan dalam tulisan untuk menggerakan orang lain, aksi sosial dengan cara berhubungan langsung atau terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat dan aksi turun kejalan dengan menyuarakan aspirasi mahasiswa serta menyampaikan aspirasi masyarakat pada pemerintah. Aksi turun kejalan ini bisa terbagi dua yaitu aksi anarkis dan aksi kreatif.
Setelah materi ini, acara selanjutnya yaitu temu kelompok guna membahs poster yang harus diisi resume materi dan dilanjutkan temu kelompok BEMJ untuk kembali merencanakan acara yang akan diadakan esok hari (Minggu,15/11).
*      Hari ke-2
Minggu (15/11) dimulai dengan dibangukannya kami pada pukul 02.00 dinihari untuk qiyamul lail dan jelajah malam. Lalu pagi harinya kami berolahraga dan melaksanakan outbound secara terpisah putra dan putri.
Setelah melaksanakan outbound yang membuat kami kotor kami pun membersihkan diri dan bersiap untuk sarapan pagi.
Acara selanjutnya yaitu kembali temu kelompok BEMJ untuk mempersiapkan acara yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Dan pukul 09.00 WIB ternyata peserta dari acara sudah mulai berdatangan dan kami mulai bingung, karena oemberkasan belum selesai dan persiapan belum total. Akhirnya BEMJ 1 terbagi mejadi 2 guna melaksanakan acara dan menyelesaikan pemberkasan.
Anak-anak yang hadir dalam acara kami sungguh diluar ekspektasi, dimana kami berfikir hanya akan ada beberapa orang saja, tapi ternyata hampir ada 40 anak yang datang. Syukur alhamdulillah kami mampu meng-handle acara dengan baik sehingga mampu berjalan tanpa membuat anak bosan dan melakukannya sesuai jadwal. Atas usaha kami ini, kami mendapat nilai 74% dari 100% atas penilaian yang dilakukan oleh LLMJ 1. Itu berarti acara kami ini memiliki nila B. Meskipun nilai proposal kami 0 karena tidak selesai tepat waktu.
Acara selanjutnya yaitu, shalat dan makan.
Setelah itu kami mendapatkan evaluasi dari kelompok LLMJ tentang setiap acara. Dan diakhir kami di evaluasi oleh panitia, bagian ini tak akan saya ceritakan. Cukuplah kami (peserta dan panitia) yang tahu. Kalau penasaran, yuk ikut PKMJ Matematika ditahun selanjutnya hehe
Setelah selesai evaluasi kami bergegas untuk pulang. Namun tak disangka ternyata ada kendala yang lumayan besar menurut kami, dimana tronto yang seahrusnya sudah sampai ternyata baru bisa sampai sekitar pukul 7 malam. Alhasil kami kembali ke villa dan menunggu kedatangan tronton dengan agenda-agenda yang bermanfaat.
Tronton datang satu persatu dengan jarak waktu yang lumayan lama, oleh karena itu kepulangan kami pun dibagi menjadi beberapa kloter dan disesuaikan denga kepentingan dan keadaan peserta. Saya sendiri pulang dengan kloter ke 3 pada jam 20.30 WIB dan sampai sekitar pukul 22.30.
Yang terakhir sampai atau kloter terakhir datang kurang lebih pukul 23.40 WIB.
Syukur alhamdulillah kami semua pulang dengan selamat ke tempat masing-masing dan beristirahat untuk kuliah besok.

Alhamdulillah selesai juga Field Reportnya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di coretan-coretan bermanfaat saya yang lain. Selamat bertemu di PKMJ Matematika 2016 dengan saya sebagai panitianya, Aamiin hehe J

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokaatuh  



1 komentar: