Selasa, 10 November 2015

Assalamu’alaykum

  
Semoga semua dalam keadaan baik yaa. Jangan lupa bersyukur dengan apa yang sudah kita peroleh pagi ini. Apa sih yang sudah kita peroleh? Banyak yaa, salah satunya yaitu “TUGAS” haha itu pasti. Terutama kita nih yang mau ikut PKMJ Matematika 2015, daebak kan tugas2nya.. semoga semua bisa merasakan sensasi tugas yang diberikan.. hehe.
Okey langsung saja yaa, hmm kemarin tepatnya tanggal 7 November 2015, telah terlaksananya Pra PKMJ Matematika 2015 yang kedua. Bertempat di IDB 2 lt. 7 dan ada 1 tempat lagi yang spesial yaitu di lapangan dan area Masjid At-Taqwa.
Acara tersebut dimulai sekitar jam 13.00 WIB. Tetapi lagi-lagi saya terlambat.. tetapi beralasan kok telatnya.. sudah izin juga ke Kakak Perizinan. Dan In syaa Allah sudah diizinkan.
Apa saja sih yang dibahas kemarin? Terus apa saja yang terjadi kemarin? Wkwk
Dengan paduan catatan salah satu saudara saya nih, panggil saja L. Acara dibuka dan dipandu oleh MC kita yaitu Kak Muzakki Tamami, dan dilanjutkan dengan tilawah oleh Wahyu. Kemudian agenda utama yaitu penyampaian materi. Materi pertama tentang “Manajemen Organisasi dan Event Organizer” yang disampaikan oleh Kak Arief Setiawan. Beliau merupakan salah seorang yang telah berpengalaman dalam melaksanakan dan mengorganisasi berbagai event. Kece kann. Menurut beliau, manajemen adalah Seni, yaitu seni untuk mengolah hati dan SDM. Lalu apa sih Event Organizer itu? Event Organizer yaitu sekumpulan orang yang mengatur wawancara. Menurut beliau juga, fungsi utama organisasi yaitu Pelayanan. Wah saya setuju kakk.
Nah perlu diketahui juga, saat diakhir2 materi pertama itu, saya baru datang L aahh diakhir2 aja seru kayaknya…
Hmm menurut catatan si L nih, ada beberapa hal yang menarik dan penting nih. Yang pertama ada Urgensi dari Event Organizer yaitu:
1.       Membawa nama baik kampus
2.       Memudahkan pelaksanaan Event
3.       Membuat Event menjadi menarik
Seperti biasa, terdapat prinsip membuat Event yaitu..ada yang tauu? Ya benar, kita gunakan prinsip 5W+1H.
Selanjutnya ada dasar-dasar pengolahan Event yaitu:
1.       Menjalankan ide
2.       Ide diwujudkan dalam konsep Event
3.       Konsep dapat diwujudkan dan realitaskan
4.       Konsep dapat diterima oleh yang terlibat
Setelah itu disampaikan juga tahapan menyelenggarakan Event yaitu:
1.       Terdapat Konsep yang menarik dan kreatif
2.       Terlaksananya Proses tahapan pembuatan Event
3.       Eksekusi Event yang Significant.
Seorang EO itu harus--> mempunyai tujuan yang jelas, memiliki konsep dan ide yang kreatif,  serta SDM berkualitas, kuantitas, dan solid (teamwork).
Biasanya setelah sebuah Event itu telah terlaksana, pasti kita memerlukan sebuah evaluasi kan. Nah lebih jelasnya tujuan dari Evaluasi itu adalah:
1.       Agar kesalahan tidak terulang dalam Event2 selanjutnya
2.       Mengetahui kekurangan dari Event tersebut
3.       Saling mendengarkan curahan hati
Waah daebak banget kan yang disampaikan kakaknya kemarin. Ah nyesel deh kalau kalian ngga datang apalagi yang telat kayak aku -__-
Ngga kalah menarik nih materi kedua yaitu tentang “Kapita Selekta Legislatif”. Kalau ada kata Legislatif pasti tau dong yang menyampaikan materi kali ini siapa? Yap benar, materi ini disampaikan sendiri oleh sang Ketua LLMJ Matematika kita. Viva Legislativa! Beliau menjelaskan tentang Legislatif di dunia dan di Indonesia. Jika ada yang bertanya mengapa harus ada Legislatif? Maka jawabannya dapat kita lihat melalui sejarah legislatif itu sendiri, terutama sejarah legislatif di dunia. Bila kita bicara tentang Legislatif maka kita bicara tentang 3 hal yaitu: Peraturan, Aspirasi, dan Pengawasan yang meliputi kinerja dan anggaran. Lalu disampaikan juga hak2 dari badan Legislatif. Dan Legislatif jurusan di UNJ sendiri atau LMMJ tidak jauh beda hak2nya dengan badan Legislatif Pemerintah. Wah cocok sekali nih untuk kita sebagai Mahasiswa yang ingin menjadi anggota DPR atau badan Lrgislatif lainnya,bisa latihan dulu nih di Legislatif UNJ J kerennn!
Setelah penyampaian materi kedua itu kita istirahat untuk sholat ashar, dan seperti yang telah saya sebutkan diawal bahwa kali ini kita acaranya di dua tempat. Kita pindah ke Lapangan Masjid At-Taqwa. Itu dimana? Ya pokoknya Masjid dekat UNJ lah. Dan saya baru tau kalau dari UNJ bisa langsung tembus ke area Masjid dengan melewati pintu kemana saja! wkwk. Kita disana kumpul kelompok dan ada evaluasi. Saat ditengah evaluasi, Alhamdulillah turunlah hujan, menandakan kegiatan kali ini berkah yaa. Aamiin. Tetapi turunnya hujan ini kami sebagai peserta jadi merepotkan kakak2 panitia, kami melihat betul kerja keras kakak2 untuk acara ini..  dan ada perasaan bangga dan terharu dengan Pra PKMJ kemarin…  rasa kekeluargaan jurusan Matematika juga terasa… Maafkan kami kak yang sudah merepotkan kalian kemarin. Semoga Allah Swt selalu membalas setetes keringat kalian untuk kami dengan kebaikan yang banyak :’)
Mungkin itu saja yang dapat saya tuliskan dalam Field Report kali ini.. jika terdapat kesalahan mohon dimaafkan. Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaykum~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar